Rabu, 18 Februari 2009

Speech Synthesizer Berbahasa Indonesia

Barangkali tidak terbayang oleh rekan-rekan sekalian bahwa ada perkumpulan tuna netra dari Indonesia dan Malaysia yang setiap hari berkomunikasi via internet. Kartunet.com adalah website milik tuna netra yang berisi karya tulis anggota yang hampir keseluruhannya tuna netra. Selain itu ada juga milis kartunetclub@yahoogroups.com, tempat berdiskusi tuna netra perihal teknologi terbaru. Berdiskusi tentang teknologi? Agak mengejutkan, namun menurut saya itu luar biasa, meskipun itu di luar kebiasaan tuna netra pada umumnya. :)

Minggu lalu saat chatting dengan Rio Unesa, saya menanyakan apakah beliau menggunakan screen reader berbahasa Indonesia. Jawabannya singkat namun agak mengejutkan bagi saya, "Saya menggunakan JAWS dan belum ada yang berbahasa Indonesia". Saya katakan bahwa saya menggunakan NVDA dan JAWS berbahasa Indonesia dan beliaupun tertarik.

Meski bukan tuna netra, di komputer saya terinstall aplikasi screen reader NVDA dan JAWS, aplikasi yang biasa digunakan oleh pengguna komputer tuna netra. Kedua aplikasi ini sangat mendukung penelitian sederhana yang saya mulai beberapa tahun lalu perihal speech synthesizer dan speech recognition. Atas saran rekan Rio, yang juga penyiar di radio internet t4radio.com, sayapun bergabung pada milis kartunetclub@yahoogroups.com untuk men-share teknik agar screen reader dapat berbahasa Indonesia.

Selain bermanfaat untuk screen reader, penggabungan speech synthesizer eSpeak dan MBROLA ini dapat juga dimanfaatkan untuk aplikasi lain yang di-create dengan bahasa pemrograman seperti C++, Delphi, Visual Basic dan lain-lain. Pemrogram aplikasi cukup mengakses fasilitas Microsoft SAPI pada Windows dengan parameter teks yang akan diucapkan. Dan komputerpun akan berbicara dalam bahasa Indonesia. Cukup mudah.

Suara yang keluar dari speaker benar-benar berlogat Indonesia dengan ucapan huruf, kata dan kalimat yang sangat jelas. Terima kasih sekali untuk bapak Arry Akhmad Arman selaku peneliti dan pemilik database suara MBROLA berbahasa Indonesia.

Bila rekan-rekan tertarik silahkan download file SSID.ZIP, speech synthesizer berbahasa Indonesia yang mendukung SAPI 5. SSID.ZIP berisi file setup eSpeak, setup MBROLA, database MBROLA bahasa Indonesia, beberapa file tuning saya dan cara instalasinya.

Semoga bermanfaat. Wassalam.

10 komentar:

ariyulianto mengatakan...

wah makasih banget info sama linknya, sukses ya

mukhtar mengatakan...

Kok filenya gak bisa d buka ya...

Stefano Al-Biruni mengatakan...

Linknya di-klik saja, sampai masuk ke 4shared.com, lalu di download. Bisa jadi saat file di-download terjadi gangguan sehingga file ZIP-nya tidak lengkap. Saya baru saja men-download ulang file tsb dan membukanya, tidak ada masalah. Silahkan dicoba lagi...

safecom mengatakan...

Maaf, saya sudah klink link yang di 4shared tapi ternyata udah ga valid ya...
Bisa minta tolong minta link yang valid atau diupload lagi ga ke yang lain (mediafire). Kebetulan saya sangat memerlukan SSID ini untuk anak-anak tuna netra di sekolah kami.

Stefano Al-Biruni mengatakan...

@Safecom :
Assalamu'alaykum,
Sudah saya koreksi, silahkan di-download kembali, terima kasih sekali atas pemberitahuannya. :)

Anonim mengatakan...

POIS(Pribadi Olimpiade Ilmu Sosial) SD Se-JAWA BARAT DAN LOMBA TK-TK
se-JAWA BARAT. Pendaftaran terakhir: 16 Januari 2010. Untuk juara dan
untuk guru pembimbing ada hadiah. Untuk informasi e-mail:
pribadisd@gmail.com
website: www.mypribadi.com ALAMAT : JL. PHH. MUSTOFA(SUCİ) NO.41
PRIBADI BILINGUAL SCHOOL
BANDUNG-JAWA BARAT

Anonim mengatakan...

Terima Kasih Gan, Postingan dan sharing Filenya sangat bermanfaat buat saya :)

Fadzlin mengatakan...

Salam,

Saya Fadzlin dari Malaysia.

Sudah lama saya cari, hari ini baru temui blog yang terlalu baik ini:-)

Sayang sekali, bila saya klik pada link untuk download ssid.zip, saya terima ini:

Pautan fail yang anda minta tidak sah.

Di mana lagi saya dapat cari fail berkenaan? Saya sudah lama mau coba TTS Indonesia dengan JAWS/NVDA, tapi masih tak jumpa. Bila sudah jumpa, tak dapat download pula.

Jawaban anda saya tunggu:-)

Stefano Al-Biruni mengatakan...

@Fadzlin : link sudah saya perbaiki, silahkan di-download..

ㄢL★ㄈk ㄎㄒㄙ々_●② ⑨ mengatakan...

.Sipp tenan gan..