Rabu, 11 April 2007

Mengejar Bulan


Mencari pemandangan bentuk bulan terbaik ternyata tidak mudah. Satelit bumi satu-satunya ini selalu tampil berubah-ubah dari hari ke hari. Minggu lalu bulan terlihat bulat dan sangat terang di Timur sekitar pukul 21.00 malam dengan langit sedikit berawan. Saat yang tepat untuk mengeluarkan teleskop plus handy-cam. Meski tergolong sederhana, teleskop yang saya beli 2 tahun lalu ini ternyata masih bermanfaat, dengan focal length 900 mm tekstur bulan dapat terlihat detail. Handy-cam digunakan untuk merekam gambar lewat eye-piece teleskop dengan adaptor yang saya create sendiri dari pemegang router yang tidak terpakai.
Saat perekaman dataran bulan di layar terlihat gambar bergetar, berat handy-cam sepertinya mempengaruhi titik keseimbangan teleskop. Hasil dari perekaman yang hampir 1 jam belum menghasilkan gambar yang bagus. Zoom terhadap dataran bulan terlihat kabur dan tidak tampak detail kawah, mungkin adaptor eye-piece-nya kurang bagus.
Hari berikutnya bulan menghilang, langit begitu berawan, pencarian dihentikan. Konsentrasi diarahkan pada perbaikan perangkat teleskop plus mencari solusi adaptor eye-piece agar gambar menjadi bagus. Bulan purnama masih sekitar 2 minggu lagi, mudah-mudahan awan memberi jalan bagi cahaya bulan mencapai bumi. Hm...dan mudah-mudahan bulan masih mau dipotret. :)



Tidak ada komentar: