Kamis, 10 Mei 2007

Oleh-oleh dari Jakarta

Dua hari lalu saat tugas di Jakarta malam hari dengan Kadek dan Deman jalan ke Pondok Indah Mall, ikutan Kadek nyari kado buat Vienna dan Tari yang ulang tahun tanggal 9 dan 10 Mei, wah... cuma beda sehari. Luar biasa mainan anak-anak di sini, dari mainan kelas boneka sampai robot ada dijual di sini. Karena umumnya bukan buatan Cina harga yang dipatok sangat mahal. Helicopter mini yang dibuat dari bahan gabus plus motor dan remote dipatok tiga ratusan ribu, sewaktu demo terbangnya kurang mantap dan cuma beberapa meter dari permukaan lantai, hehehe... kemampuannya masih terasa kurang dibanding harganya.
Meski begitu saya terkesan dengan robot Robosapien, rada heran karena robot hasil penelitian Mark Tilden ini dijual di sini. Mark Tilden adalah peneliti robot yang banyak berkecimpung dalam pengembangan robot analog atau yang sering disebut BEAM robot. BEAM itu kependekan dari "Biology, Electronics, Aesthetics, and Mechanics", robot analog yang dapat dibuat dari bahan-bahan bekas dari perangkat elektronik yang sudah rusak atau usang. Suplai tenaganya dibuat dari solar-cell bekas kalkulator, transistor tinggal comot dari radio rusak dll. Berbeda dengan robot digital yang dibekali micro-controller, robot BEAM sama sekali tanpa micro-controller dan dapat dibuat dalam waktu kurang dari 1 jam. Biasanya robot ini terdiri dari 2 motor yang saling mendukung, 1 di depan untuk melangkah, 1 di belakang sebagai motor pendorong. Begitulah... Namun Robosapien bukan robot analog, robot ini full digital dan dapat diprogram ulang sesuai keinginan pemakai. Kalau berminat silahkan... :)
Di ACE Hardware cari-cari teleskop, ops...ketemu jenis Newtonian made in Cina, kalau diperhatikan primary-mirrornya mungkin sekitar 8 inch, dipatok sekitar 5 juta. Wah... bisa ngelihat Jupiter nih.. tapi harga masih terasa mahal, di internet jenis Zhumel dan Celestron 8 inch dijual sekitar 3.5 juta. Kalau begitu sebaiknya tunggu sampai harga turun atau sampai ada dealer Zhumel atau Celestron di Indonesia.

Kadek beli banyak mainan termasuk Tamagochi untuk hadiah ultah, selamat ulang tahun ya buat Vienna dan Tari... jadi anak-anak yang baik ya... :)

Tidak ada komentar: