Kamis, 19 Juni 2008

Water Fuel Cell

Beberapa hari lalu satu TV swasta menyiarkan berita tentang mobil tenaga air. Mobil buatan perusahaan Jepang yang bernama Genepax ini dapat ditenagai oleh air apa saja, mulai dari air murni (H2O) sampai air teh. :) Begitulah menurut sang pembaca berita.

Setelah menemukan web-site Genepax, saya mencoba melihat mekanisme kerja alat yang disingkat WES ini. WES maksudnya Water Energy System. Senang sekali membaca tulisan pembukanya, "Water is our energy solution". Betul, saya juga berharap air akan menjadi solusi pembangkit energi. Dengan begitu kita tidak akan diributkan dengan global warming karena energi berbahan air ini tidak mencemari udara sebab hasil akhirnya juga air.

Meski mekanisme kerja WES dalam bahasa Inggris masih 'coming soon', namun dari gambar mekanisme kerja dalam bahasa Jepang saya menduga WES menggunakan teknik Water Fuel Cell. Teknik Water Fuel Cell cara kerjanya mengubah dari air menjadi unsur Hidrogen dan Oksigen yang selanjutnya dialirkan ke Fuel Cell. Listrik yang dihasilkan setiap sel dihubung serikan untuk mendapat nilai voltase yang besar. Buangan proses ini adalah air. Teknik ini sebenarnya sudah dikenal cukup lama, namun menjadi bahan pembicaraan setelah harga minyak dunia membumbung tinggi.

Mudah-mudahan peralatan WES dan WES-WES lainnya suatu saat dapat diaplikasikan pada semua peralatan elektronik rumah tangga. Selain murah, keluarga kita juga sehat, karena tidak ada polusi, tidak ada global warming. :)

Tidak ada komentar: