Jumat, 10 Agustus 2007

ISRA' MI'RAJ

BESOK 27 RAJAB 1428H, ISRA' MI'RAJ.

ALLAH SWT. berfirman dalam surah AL ISRAA' ayat 1 :
1. Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

AL ISRAA' artinya MEMPERJALANKAN DI MALAM HARI.
Perjalanan Nabi Muhammad saw. dari Makkah ke Bayt Al-Maqdis, kemudian naik ke Sidrat Al-Muntaha, bahkan melampauinya, serta kembalinya ke Makkah dalam waktu sangat singkat menjadi bahan perbincangan dari masa ke masa. Sampai detik ini banyak orang muslim beranggapan bahwa cerita itu hanya dongeng semata. Pada jaman Rasulullah perjalanan dari Mekkah ke Bayt Al-Maqdis di Palestina memakan waktu berminggu-minggu bahkan bulan. Adapun jarak udara (garis lurus) dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha sekitar 1233 kilometer. Lama waktu tempuh ini selain disebabkan oleh musim selama perjalanan juga alat transportasi yang masih menggunakan unta dan kuda. Melihat kondisi yang demikian wajar bagi masyarakat saat itu, perjalanan Rasulullah dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha dilanjutkan ke Sidrat Al-Muntaha dalam waktu singkat sangat sulit untuk dipercaya.

Penemuan pesawat terbang menyebabkan perjalanan jarak jauh dapat ditempuh dalam waktu singkat, saat ini jarak Medan - Jakarta sekitar 1800 kilometer dapat ditempuh hanya dalam waktu 2 jam dengan kecepatan rata-rata pesawat sekitar 900 km/jam. Kecepatan pesawat terbang saat ini sudah dapat melampaui kecepatan suara sekitar 340 meter/detik atau sekitar 12240 kilometer/jam. Pesawat terbang supersonik bahkan dapat terbang 2 sampai 3 kali kecepatan suara. Para ilmuwan saat ini sedang mencari cara agar dapat terbang mendekati atau sama-dengan kecepatan cahaya. Dengan begitu tidak dibutuhkan bertahun-tahun untuk pergi ke suatu planet atau galaksi yang jaraknya 1 tahun cahaya atau lebih. :) 1 tahun cahaya sama-dengan 1*365hari*24jam*60menit*60detik*300000 kilometer, tepatnya 9.460.800.000.000 kilometer (9460 milyar kilometer). Sangat jauh...

Malaikat-malaikat terbang dengan kecepatan yang melebihi kecepatan cahaya, simak dalam surah Al Mursalaat 1,2 :
1. Demi malaikat-malaikat yang diutus untuk membawa kebaikan,
2. dan (malaikat-malaikat) yang terbang dengan kencangnya

dan surah Al Ma'aarij 4 :
4. Malaikat-malaikat dan Jibril naik (menghadap) kepada Tuhan dalam sehari yang kadarnya limapuluh ribu tahun.

Bahwa malaikat-malaikat dan Jibril menuju ALLAH SWT. dalam sehari (24 jam) yang kadarnya 50000 tahun cahaya. Itu berarti dalam 1 detik malaikat-malaikat dapat terbang 50000(tahun)/24*60*60(detik)= 0.5787037 tahun cahaya/detik atau setara dengan 18249999.8832 detik cahaya atau sama-dengan 5.474.999.964.960 kilometer/detik.

Tertulis juga pada An Naazi'aat 3,4 :
3. dan (malaikat-malaikat) yang turun dari langit dengan cepat,
4. dan (malaikat-malaikat) yang mendahului dengan kencang,


ALLAH SWT. menciptakan malaikat-malaikat dari cahaya, Rasulullah beserta malaikat Jibril terbang pada malam hari dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha dengan kecepatan cahaya dengan mengendarai Buraq yang artinya cahaya kilat, dilanjutkan terbang vertikal menuju ke Sidrat Al-Muntaha. Terbang dengan kecepatan cahaya bagi malaikat adalah hal yang biasa tapi bagi Rasulullah dibutuhkan perlindungan fisik yang sangat maksimal, ALLAH SWT. berfirman dalam surah AL ISRAA' ayat 1 :

1. Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

Tidak ada komentar: