Kamis, 09 Agustus 2007

SEMESTA DIGITAL lanjutan

Hidup ini terlihat sederhana, lahir, hidup, lalu mati. Sesederhana itukah?

Saya begitu meyakini sebagaimana yang terdapat dalam Al Qur'an bahwa apa yang kita lakukan setiap detik dari awal hidup kita hingga berakhirnya kelak semua tercatat rapi. Alam semesta yang luas beserta isinya ini disusun dengan teknik 'digital' oleh ALLAH SWT. Teramat 'digital' sampai-sampai kita dapat benar-benar merasakan keberadaan kita di dunia ini. Benda-benda terlihat ada, saya merasakan diri saya ada, kita semua ada, begitulah. Teramat luar-biasa.

Saya mencoba menjelaskan apa yang saya maksud dengan teknik 'DIGITAL' ALLAH SWT.
Dalam surah Al Qiyaamah (Kiamat) 3-4 ALLAH SWT berfirman :
3. Apakah manusia mengira, bahwa Kami tidak akan mengumpulkan (kembali) tulang belulangnya?
4. Bukan demikian, sebenarnya Kami kuasa menyusun (kembali) jari jemarinya dengan sempurna.


'Menyusun kembali jari-jemarinya dengan sempurna', jari-jemari yang memiliki bentuk sidik-jari berbeda-beda dapat direkonstruksi ulang dengan sempurna! Luar-biasa... Setiap manusia memiliki 100 Triliun sel, sel-sel inilah yang membentuk organ-organ dalam tubuh kita. Merekonstruksi ulang seorang manusia berarti merekonstruksi 100 Triliun sel beserta isinya dan menempatkan masing-masing sel pada tempatnya semula, kemudian menghidupkannya... Mungkin banyak orang bertanya-tanya, bagaimana mungkin merekonstruksi ulang manusia yang jumlahnya bermilyar-milyar? Jawabannya sangat mungkin dan sangat mudah bagi ALLAH SWT..

Sebagai perbandingan kecil, saat ini manusia telah memiliki teknologi penyimpanan data (database) pada komputer yang sedemikian canggih, data bertahun-tahun, baik berupa data diri maupun data lainnya, semua dapat disimpan dengan rapi dalam suatu database dan bila diperlukan isi database dapat dibaca kembali. Selain itu rekaman data dalam suatu database dapat dengan mudah ditambahkan, diubah dan dihapus.

ALLAH SWT. memiliki database yang ukurannya tidak terhingga besarnya, Lauhul Mahfuzh, disebut kitab yang terpelihara (database terpelihara). Berisikan data-data alam semesta sebelum diciptakan sampai pada keruntuhan semesta. Aturan-aturan (rumus-rumus) fisika, matematika, kimia dan lain-lainnya semua terekam pada Lauhul Mahfuzh, tidak ada satu hal pun yang luput dari rekamannya, bahkan sehelai daun yang gugur terekam di dalamnya. Berapa jumlah sel daunnya, tata letak selnya, warnanya, beratnya, umurnya, sebab gugurnya, semua tersimpan rapi. Bahkan jatuhnya akan ke mana dapat dengan mudah diukur, berdasarkan ketinggian daun pada dahan, berat daun, arah angin, kecepatan angin, ditemukan kepastian tempat mendaratnya daun.

Tertulis dalam surah al An'aam 59 :
59. Dan pada sisi Allah-lah kunci-kunci semua yang ghaib; tidak ada yang mengetahuinya kecuali Dia sendiri, dan Dia mengetahui apa yang di daratan dan di lautan, dan tiada sehelai daun pun yang gugur melainkan Dia mengetahuinya (pula), dan tidak jatuh sebutir biji-pun dalam kegelapan bumi, dan tidak sesuatu yang basah atau yang kering, melainkan tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh).

Begitu juga dengan apa yang kita lakukan setiap saat, bukan hanya setiap hari, tapi setiap saat... semua terekam dalam database Lauh Mahfudz, database semesta yang terpelihara.

Tertulis dalam surah Yunus 61 :
61. Kamu tidak berada dalam suatu keadaan dan tidak membaca suatu ayat dari Al Quran dan kamu tidak mengerjakan suatu pekerjaan, melainkan Kami menjadi saksi atasmu di waktu kamu melakukannya. Tidak luput dari pengetahuan Tuhanmu biarpun sebesar zarrah (atom) di bumi ataupun di langit. Tidak ada yang lebih kecil dan tidak (pula) yang lebih besar dari itu, melainkan (semua tercatat) dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh).

Apa yang kita lakukan, bermanfaat untuk orang lain atau justru mendatangkan kemudharatan, semua tersimpan rapi. Seorang yang beriman mengajarkan satu kebaikan, sehingga kebaikannya bermanfaat dan ditiru oleh orang lain, diajarkan kebanyak orang maka ia akan mendapat balasan yang melimpah. Tetapi seseorang yang mengajarkan suatu tindakan yang buruk, kemudian diikuti oleh banyak orang maka perhitungannya dihari akhir akan sangat menyedihkan.

Al Qamar 52-53 Allah berfirman :
52. Dan segala sesuatu yang telah mereka perbuat tercatat dalam buku-buku catatan
53. Dan segala (urusan) yang kecil maupun yang besar adalah tertulis.


Dan sangat jelas di surah Yaasiin 12 :
12. Sesungguhnya Kami menghidupkan orang-orang mati dan Kami menuliskan apa yang telah mereka kerjakan dan bekas-bekas yang mereka tinggalkan. Dan segala sesuatu Kami kumpulkan dalam Kitab Induk yang nyata (Lauh Mahfuzh).

Selamat menikmati hidup dengan menjadi manusia yang lebih baik, dalam segala hal.

-bersambung-