Kamis, 16 Oktober 2008

Memanfaatkan Google Translator

Beberapa hari ini saya melihat ada yang baru di Google.com, terdapat link tambahan pada baris kanan hasil pencarian : [Terjemahkan laman ini], yang saat diklik akan mengubah web aslinya dalam bahasa Inggris menjadi web dalam bahasa Indonesia. Surprise, saya jadi lebih mudah membaca artikel-artikel yang didapat Google.com.

Pagi ini, karena masih lapang waktu, saya mencoba menterjemahkan www.cnn.com ke dalam bahasa Indonesia dengan teknik sederhana. Awalnya saya memperoleh link terjemah berikut dari Google.com, saat mencari artikel berkenaan dengan Professor Nouriel Roubini, berikut link yang saya peroleh : http://72.14.235.104/translate_c?hl=id&sl=en&u=http://www.rgemonitor.com/blog/roubini&prev=/search%3Fq%3Dnouriel%2Broubini%26hl%3Did%26sa%3DG%26pwst%3D1&usg=ALkJrhgQuJjPNQVpksCF9Z495XxE5SFTqQ , panjang dan kelihatannya rumit.

Saya mulanya hanya mengira-ngira saja, ternyata benar adanya, bahwa server penterjemah antar bahasa ada di http://72.14.235.104/ dengan aplikasi translate_c, dengan parameter source language sl , tujuan bahasa hl dan u untuk url yang akan diterjemahkan. Misalnya kita ingin mengubah tampilan www.cnn.com ke dalam bahasa Indonesia maka kita cukup mengetik pada browser : http://72.14.235.104/translate_c?sl=en&hl=id&u=http://www.cnn.com. Hasilnya, hop... www.cnn.com dalam bahasa Indonesia. :D

Meski hasil terjemahnya masih belum maksimal namun sangat membantu dalam menterjemahkan artikel-artikel 'sulit' dalam bahasa Inggris ke dalam bahasa kita, bahasa Indonesia.

Selamat mencoba dan selamat menterjemahkan artikel-artikel pada web lainnya.
Wassalam.

Tidak ada komentar: