Senin, 06 Oktober 2008

Wan Jalal

Saya tidak ingat persis kapan terakhir bertemu beliau, namun saya ingat pertemuan kami yang pertama, sekitar 13 tahun lalu, saat beliau manjadi Tuan Kadi di pernikahan saya. :D. Dulu, hari-hari Wan Jalal dihabiskan sebagai imam masjid Al-Haq, satu-satunya masjid di kampung kami, Pisang Pala. Meski tinggal di kampung Kebun Pisang, sekitar dua kilometer dari kampung kami, beliau selalu hadir dan menjadi imam shalat di masjid Al-Haq. Biasanya ditemani oleh rekan seperjuangannya, sebuah sepeda tua.

Sekitar tiga tahun terakhir, beliau sudah tidak aktif lagi di masjid Al-Haq, dan lebih memilih aktif di masjid dekat rumahnya. Faktor umur menyebabkan beliau tidak sanggup lagi mengayuh sepeda seperti dulu, ke kampung Pisang Pala. Kegiatan sebagai tuan kadi juga sudah beliau hentikan. Sesekali saya melihat beliau saat shalat Idul Fitri dan Idul Adha di kampung Pisang Pala. Umur tidak membuat semangatnya berubah, beliau masih Wan Jalal yang dulu.

Dua minggu lalu, saat 27 Ramadhan 1429H, 3 hari menjelang Idul Fitri, kami mendapat kabar. Dengan menangis pak Ernis, menantu Wan Jalal yang juga paman kami mengabarkan bahwa Wan Jalal meninggal dunia, setelah sakit beberapa hari sebelumnya.

Innalillahi wa inna ilaihi rajiun...

Mudah-mudahan masih banyak Wan Jalal - Wan Jalal muda, yang dengan ikhlas mengabdikan dirinya menjadi imam masjid dan Tuan Kadi di desa-desa.

Insya Allah.

Tidak ada komentar: