Selasa, 30 September 2008

30 Ramadhan 1429H

Hari ini, 30 Ramadhan 1429H, artinya besok 1 Syawal 1429H, lebaran.

AlhamduLillah, Ramadhan tahun ini keluarga cukup sukses membimbing anak-anak, untuk berpuasa sebulan penuh, shalat tarawih dan membaca Al-Qur'an. Saat sahur merupakan saat yang harus dihadapi dengan sabar, membangunkan Bilqis dan menggendongnya sampai tempat makan di mana semua anggota keluarga sudah menunggu untuk sahur. Biasanya kami makan sahur sambil menonton sinetron religi PPT2 SCTV, lucu dan penuh hikmah. :)

Saat berbuka juga menjadi bagian yang tidak terlupakan. Biasanya anak-anak sudah menunggu di depan hidangan 10 menit sebelum berbuka, lagi-lagi menonton PPT2, meski ceritanya siaran ulang saat sahur. 5 menit sebelum beduk, biasanya saluran TV dialihkan ke TVRI lokal Medan untuk memastikan waktu berbuka. Anak-anak sangat gembira bila iklan sirup Pohon Pinang dan Bank SUMUT tampil karena selepasnya pasti beduk berbuka tiba.

Saat berbuka sasaran utama anak-anak biasanya langsung menyantap nasi dan lauknya. Makan sekenyangnya, minum sepuasnya... shalat jadi susah rukuknya.. :D Sedangkan yang lebih besar, lebih memilih buah, shalat lalu makan malam.

Tarawih biasanya kami lakukan di masjid dan rumah, saya dan Bima di masjid, yang lainnya shalat di rumah. Masjidnya tidak terlalu jauh di belakang rumah, meski kecil masjid Al-Gufron selalu diramaikan dengan jamaah, minimal 3 shaft lelaki, perempuan bisa jadi lebih banyak.

Senang rasanya berpuasa di bulan Ramadhan 1429H, mudah-mudahan ALLAH SWT masih memberikan kita kesempatan untuk dapat bertemu dan beribadah di bulan Ramadhan tahun depan.

Berat rasanya ditinggal bulan penuh ampunan ini.

Tidak ada komentar: