Senin, 29 September 2008

Short Wave

Saat bernostalgia membuat radio AM (MW/SW) 2 hari lalu, kami secara tidak sengaja menangkap siaran radio berbahasa Indonesia yang disiarkan dari Saudi Arabia. Surprise bagi saya, karena umumnya radio berbahasa Indonesia umumnya disiarkan oleh negara-negara non-muslim seperti BBC London, Radio Australia, Suara Amerika, Deutsch Welle, Radio Cina dan lain-lain. Saya tidak tahu sudah berapa lama Saudi Arabia menyiarkan radio siaran berbahasa Indonesia, karena saya sudah lebih 10 tahun tidak mendengarkan siaran pada gelombang Short Wave (SW). Meski siaran di gelombang SW ini hilang dan timbul seperti dibawa angin, namun gelombang ini, belasan tahun lalu, sangat saya sukai.

Dulu, saya memiliki radio JVC yang ayah beli tahun 1978, yang dapat menangkap siaran gelombang MW, SW1, SW2 dan SW3. Saat itu belum ada siaran pada gelombang FM, semua radio komersil ada pada gelombang MW. Siaran jarak jauh, sampai ribuan kilometer ada pada gelombang SW, disiarkan dengan beragam bahasa. Tahun 1980-an, siaran yang saya sukai adalah Radio Australia dengan penyiarnya Nuim Khayat dan Ebet Kadarusman dan radio BBC dengan pelajaran bahasa Inggrisnya. Meski disiarkan hanya pada jam-jam tertentu saja, namun tidak ada hari tanpa mendengarkan kedua radio siaran ini.

Selain siaran radio luar negeri, gelombang SW juga banyak menangkap pancaran radio komunikasi seperti pada gelombang 80 meter dan 40 meter band. Keduanya sangat menginspirasi saya untuk belajar membuat pemancar radio SW gelombang 80 meter band dan bereksperimen dengannya bertahun-tahun. Meski transmitter yang saya buat tidak menjangkau sampai luar pulau disebabkan oleh dana yang tidak memadai saat itu, namun kepuasan batin akan hasilnya luar biasa.

Hari ini, saya memulai lagi nostalgia bersama radio SW. Kembali mendengarkan siaran-siaran jarak jauh dengan infomasi yang lebih berisi. Berbeda dengan radio siaran gelombang FM yang lebih mementingkan telinga, radio siaran gelombang SW lebih mementingkan informasi.

Bila rekan-rekan ingin mencoba mendengarkan siaran pada gelombang SW, silahkan mencari radio yang memiliki gelombang SW di toko elektronik. Mungkin agak sulit mencarinya, namun anggap saja sebagai proses awal perjalanan menuju gelombang SW. :D

AlhamduLillah.

Tidak ada komentar: