Kamis, 04 September 2008

MZ (4D5A)

MZ? Saya tiba-tiba saja teringat dengan 2 huruf ini, MZ. Programmer lama, seperti saya :), biasa mengenalnya dengan 4D5A. Dua huruf ini merupakan kependekan dari nama seorang programmer lama, Mark Zibowski. Sayang sekali, saya tidak bisa menemukan kisah tentangnya pada Wikipedia, dan ini sangat aneh karena setiap kita menjalankan aplikasi apa saja pada Microsoft Windows maka Sistem Operasi harus 'melihat' apakah file yang akan dijalankan memiliki kode pertama MZ atau 4D5A. 4D5A ini merupakan kode ASCII dari huruf M (4D) dan huruf Z (5A) dalam format hexadecimal. Bila kode pertamanya 'MZ' maka Sistem Operasi akan menganggap file tersebut file yang dapat dieksekusi, bila bukan 'MZ' bisa jadi fle tersebut bukan file yang dapat dieksekusi.

Mark Zibowski seingat saya adalah seorang programmer lama di Microsoft, dengan wajah tegas, berewokan seperti penemu Apple, Steve Wozniak . Mark Zibowski inilah, sekitar lebih dari 20-an tahun lalu, yang menemukan ide pemberian tanda pada setiap awal file yang dapat dieksekusi dengan tanda 'MZ'. Ide ini dipakai hingga sekarang, compiler Delphi, Visual Basic sampai MASM akan memberikan tanda 'MZ' pada setiap awal file .EXE, .DLL yang di-create. Pemberian tanda pada awal file ini memberikan ide pada programmer lainnya untuk menggunakan cara yang sama dalam menandai file-file tertentu, misalnya file database, speadsheet, editor dll.

Tapi, kenapa saya tidak dapat menemukan Mark Zibowski di Wikipedia?

Dalam pikiran saya barangkali karena saat ini kebanyakan programmer tidak mengenal Sistem Operasi secara mendalam :) dan lebih mengenal pemrogramman dengan cara Visual, sehingga tidak pernah berhubungan dengan tanda 'MZ' sama sekali.

Terimakasih Mark Zibowski, terima kasih.

:)

Tidak ada komentar: