Kamis, 04 September 2008

Manchester City dan Somalia

Beberapa hari terakhir ada kabar baru bahwa Manchester City beralih kepemilikan dari Thaksin Shinawatra ke Abu Dhabi United Group for Development and Investment dengan nilai jual 365 juta US dollar. Sekali lagi, 365 juta US dollar, bukan main besar uang yang digunakan untuk membeli satu klub sepakbola. Dr. Sulaiman Al Fahim, pemilik baru Manchester City juga berencana membeli Cristiano Ronaldo. Nilai uang yang akan dikucurkan sekitar 135 juta pounds (2,4 triliun rupiah).

Di negeri yang jauh, di Afrika, di kota yang bernama Mogadishu Somalia, saat ini tidak ada makanan mencukupi. Masjid-masjid di Mogadishu di bulan Ramadhan ini sepi, tidak ada kegiatan yang menyemarakkan bulan mulia ini. Tahun lalu para fakir miskin mendapatkan makanan dalam jumlah yang cukup dan mendapatkan keperluan lain yang mereka butuhkan. Namun, bulan Ramadhan kali ini tidak ada lagi lembaga amal yang menyediakan buka puasa. Mestinya nurani negara-negara Muslim terketuk melihat nestapa yang menimpa di Somalia.

Lalu apa hubungannya dengan Manchester City?

Tahukah rekan-rekan sekalian bahwa 2,5 persen saja dari 365 juta US dollar itu sama dengan 9,125 juta US dollar atau kalau dirupiahkan dengan kurs hari ini 9170 rupiah per dollar menjadi lebih dari 83 milyar rupiah. 83 milyar rupiah, bukankah itu jumlah uang yang cukup untuk membantu fakir miskin di Somalia atau fakir miskin di negeri lainnya?

Barangkali ia sudah menyalurkan 2,5 persen ke tempat lain atau ia bukan seorang muslim... Wallahu'alam

Tidak ada komentar: